Skip to main content

follow us


Pengertian saham menurut para ahli

Menurut Sapto (2006:31) :
Saham adalah surat berharga yang merupakan instrumen bukti kepemilikan atau penyertaan dari individu atau institusi dalam suatu perusahaan. Sedangkan menurut istilah umumnya saham merupakan bukti penyertaan modal dalam suatu kepemilikan saham perusahaan.

Menurut darmadji dan Fakhruddin (2012:5) :
Saham merupakan tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Saham berbentuk selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut.

Menurut Husnan suad (2008:29)
Saham adalah secarik kertas yang menunjukkan hak Pemuda yaitu pihak yang memiliki kertas tersebut untuk memperoleh bagian dari prospek atau kekayaan organisasi yang menerbitkan sekuritas tersebut dan berbagai kondisi yang memungkinkan pemodal tersebut menjalankan haknya.

Menurut fahmi (2012:85)
Saham merupakan salah satu instrumen pasar modal yang paling banyak diminati oleh investor karena mampu memberikan tingkat pengembalian yang menarik. Saham adalah kertas yang tercantum dengan jelas nilai nominal, nama perusahaan dan diikuti dengan hak dan kewajiban yang telah dijelaskan kepada setiap pemegangnya.

Menurut gitman (2000:7)
Saham adalah bentuk paling murni dan sederhana dari kepemilikan perusahaan.

Menurut miskhin (2001:4)
Saham adalah suatu sekuritas yang memiliki iklim terhadap pendapatan dan Aset sebuah perusahaan. Sekuritas sendiri dapat diartikan sebagai klaim atas pendapatan masa depan seorang peminjam yang dijual oleh peminjam kepada yang meminjamkan, sering juga disebut dengan instrumen keuangan.

Menurut Bernstein (1995:197)
Saham adalah selembar kertas yang menyatakan kepemilikan dari sebagian perusahaan.

Menurut martalena dan Malinda (2011:12)
Saham merupakan tanda penyertaan modal seseorang atau pihak atau badan usaha dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Menurut Sutrisno (2012:310) :
Saham merupakan surat bukti kepemilikan perusahaan atau penyertaan pada perusahaan yang berbentuk perusahaan terbatas (PT)

Menurut Aziz, mintarti dan Nadir (2015:76)
Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan atau kepemilikan investor individual atau investor institusional atau trader atas investasi mereka atau sejumlah dana yang diinvestasikan dalam suatu perusahaan.

Menurut sunariyah (2006:126-127)
Saham adalah sebuah surat berharga yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas atau yang biasa disebut emitmen. Saham menyatakan bahwa pemilik saham tersebut adalah juga pemilik sebagian dari perusahaan tersebut.

Menurut Bambang Riyanto (2001:240)
Saham adalah sebuah tanda bukti pengembalian bagian atau peserta dalam perseroan terbatas, bagi yang bersangkutan, yang diterima dari hasil penjualan sahamnya akan tetapi tertanam di dalam suatu perusahaan tersebut selama hidupnya, meskipun bagi pemegang saham sendiri bukanlah merupakan seseorang peranan permanen karena setiap waktu pemegang saham bisa menjual sahamnya.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian diatas dari berbagai sumber dan para ahli maka dapat disimpulkan bahwa saham merupakan sebuah bukti dan tanda kepemilikan seseorang atau badan dari sebuah perusahaan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar