Skip to main content

follow us


Setiap ibu hamil mendambakan kelahiran anak yang sehat tanpa kekurangan sesuatu sekalinpun. Mereka berharap proses persalinan yang lancar tanpa ada hambatan. Namun 3-4% ibu hamil di dunia ternyata akan mengalami sebuah kondisi kehamilan yang berbeda. Pada usia kehamilan 32 minggu, bayi masih pada posisi tidak benar. Kepalanya masih berada diatas , sedangkan kaki dan ari-arinya berada dibawah menutupi jalan lahir. Dan kondisi ini dikenal dengan istilah bayi sungsang.

Bayangan akan persalinan caesar semakin membuat mereka lemah dan takut. Namun, jika Anda yang mengalami kondisi ini, jangan resah dan panik. Ada beberapa tips cara mengatasi bayi sungsang dalam kandungan yang dapat Anda coba untuk mengembalikan bayi ke posisi yang seharusnya.

Cara Mengatasi bayi Sungsang

1. Senam Hamil

Cara yang pertama adalah Senam Hamil. Gerakan senam hamil khusus untuk bayi sungsang memiliki peran besar dalam mengatasi bayi yang tak mau berputar menempati posisi normalnya. Jenis olahraga yang dianjurkan dalam hal ini adalah berenang.
Berenang dapat membuat tubuh serta panggul ibu menjadi lebih longgar dan santai sehingga kemungkinan bayi untuk mau bergerak dan menghindari posisi sungsang.
Senada dengan gerakan renang, beberapa gerakan yoga dalam senam hamil, seperti gerakan headstand, knee chest, dan gerakan merangkak juga terbukti bisa membantu mengatasi bayi sungsang.

2. Stimulasi Suara dan Cahaya

Lingkungan bayi di dalam rahim sangat gelap dan sunti. Pada usia 32 minggu indra penglihatan dan pendengaran Bayi samar-samar mulai terbentuk, Anda juga bisa menstimulasi pergerakannya ke posisi normal dengan bantuan suara dan cahaya.

kamu bisa mestimulasi dengan suara kamu dapat menyetel lagu klasik dan meletakan earphone tepat di bagian bawah perut di dekat tulang kemaluan selama 10 menit sebanyak 6 kali sehari.
Sedangkan stimulasi menggunakan bantuan cahaya dapat anda dilakukan dengan menyinari perut Anda menggunakan cahaya lampu senter. Gerakan senter secara perlahan, turun dari puncak.ke bawah.

3. Relaksasi Hypnobrithing

Teknik hypnobrithing sudah dikenal luas dalam dunia kedokteran sebagai salah satu cara mengatasi bayi sungsang yang cukup efektif. Anda bisa melakukan teknik ini dengan cara mengajak bayi Anda berbicara dan memintanya untuk beralih ke posisi normal sembari Anda memvisualisasikan gerakan perputaran tubuh bayi.

Jangan pernah menganggap sepele teknik ini sebelum Anda mencobanya. Lakukanlah  minimal 2 kali sehari dan lihat perubahan yang terjadi pada posisi Bayi anda.

4. Accupresure

Mengatasi bayi sungsang juga dapat anda dilakukan dengan metode accupresure atau menekan titik tertentu di bagian tubuh ibu.Teknik ini memiliki tingkat keberhasilan hingga 88 %. Dalam mengembalikan posisi bayi sungsang ke posisi normalnya.

Dan teknik ini telah dilakukan sejak 3.000 tahun di China. Cara untuk melakukan teknik ini, cukup Anda menekan titik akupresur yang terletak di sisi luar kuku kelingking kaki Anda selama 30 menit. Kemudian lakukanlah secara rutin setiap hari, kepala bayi secara perlahan akan terstimulasi untuk bergerak turun mendekati jalan lahir.

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi posisi bayi sungsang agar bisa melahirkan secara normal. Semoga bermanfaat dan anda bisa menjalani proses melahirkan secara normal tanpa ada hambatan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar